Selasa, 11 Desember 2012

CMS (Content Management System)

Macam-macam CMS (Content Management System)


1. Joomla!

Jomla merupakan alah satu CMS open source yang sangat terkenal dan mudah digunakan. joomla menggunkan bahasa php dan basis data mysql. 

Prinsip Dasar Joomla

Secara garis besar dan gamblang, Joomla! terdiri dari 3 elemen dasar, yaitu server web (webserver), skrip PHP dan basisdata MySQL. Server web diasumsikan terhubung dengan Internet/Intranet yang berfungsi sebagai penyedia layanan situs. Skrip PHP terdiri dari kode program dalam bahasa PHP dan basisdata merupakan tempat penyimpanan konten. Joomla menggunakan Apache sebagai server web dan MySQL untuk basisdatanya.


 
2.WordPress 
 
biasanya digunakan untuk mesin blog(blog engine). wordpress menggunakan bahasa pemrograman pho dan database mysql. 


3.Drupal.
 
Drupal adalah content management system dan blogging engine yang pertama kali dikembangkan oleh Dries Buytaert sebagai sebuah sistem bulletin board. Sekarang ini Drupal banyak digunakan oleh website-website yang memiliki traffic tinggi dan memiliki tingkat penanganan sebuah website yang hirarki yang kompleks.


4.Mambo

Mambo adalah cms yang hampir mirip dengan joomla, Menu dan fasilitas yang disediakan juga hampir mirip dengan joomla, sehingga tamplate pada joomla dapat dipasang di dalam CMS MAmbo.

 
5.Aura CMS 
 
merupakan CMS yang mudah digunakan dan sangat membantu. Mudah dalam instalasi, kemudian panel controlnya tidak terlalu ribet. Dan forum nya berbahasa Indonesia.


6.XOOPs 
 
Xoops CMS opensource, mempunyai banyak macam tamplate dan menu yang kuang enak digunakan bagi pemula, merupakan CMS populer dibawah Drupal. Mempunyai forum managemen yang bagus.


7.Silverstripe CMS 
 
SilverStripe adalah CMS mempunyai fitur lengkap. CMS ini dibangun memggunakan bahasa pemrograman php dan database Sapphire . SilverStripe mempunyai bnyak pendukung aplikasi dan dapat membantu para pengembang untuk lebih berkarya.

 
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar