Jumat, 21 Desember 2012

INFO MENARIK CACING TANAH

KLASIFIKASI CACING TANAH


Dalam klasifikasi biologi, cacing tanah termasuk ordo Oligochaeta, kelas Chaetopoda, philum Annelida. Dalam philum Annelida terdapat 1.800 spesies cacing tanah yang di kelompokkan menjadi lima famili yang tersebar di seluruh dunia. Jumlah terbesar ada di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Barat, untuk famili Lumbricidae dengan 220 spesies.

Sistem pencernaan cacing tanah sangat adaptif dengan aktivitas makan dan menggali pori-pori tanah. Cacing menelan tanah (termasuk residu dekomposisi organik dalam tanah) atau residu dan sisa tanaman pada permukaan tanah. Kemudian, otot yang kuat mengolah material yan tertelan dan mengeluarkanya melalui sistem pencernaan. Sistem pencernaan itu mengandung caira pencernaan berupa enzim dan bercampur dengan meterial. Cairan pencernaan itu mengeluarkan asam amino, gula, molekul organik dari residu organik (termasuk protozoa hidup, nematoda, bekteri, jamur, dan mikroorganisme lain). Molekul yang paling kecil diabsorbsi melalui membran intestinal cacing tanah yang digunakan untuk energi dan sistensis sel.

Cacing tanah tidak selalu bereproduksi dengan perkawinan dirinya sendiri melalui sistem hermaprodit (masing-masing individu mempunyai organ reproduksi jantan dan betina). Pertukaran sperma bersama terjadi di antara dua cacing selama perkawinan. Sperma dewasa dan sel telur serta cairan nutrisi tersimpan dalam kokon yang diproduksi clitellum, conspicuous struktur seperti korset dekat ujung anterior tubuh. Sel telur dibuahi oleh sel sperma dalam kokon, kemudian terlepas dan mengendap di dalam atau di atas tanah. Telur menetas setelah tiga minggu. Masing-masing kokon menghasilkan dua hingga dua puluh bayi cacing.

Cacing tanah dikelompokkan dalam tiga plasma yaitu Epigeic, Endogeic, dan Anecic. Epigeic biasanya hidup di atas permukaan tanah dan memakan kotoran. Endogeic hidup di bawah permukaan tanah secara horizontal. Anecic hidup di lapisan tanah lebih dalam.



             dikutip dengan perubahan seperlunya
             ( Buku BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
               UNTUK SMP/MTS KELAS VII
               PENERBIT : PT CITRA AJI PARAMA )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar