Rabu, 19 Desember 2012

MANFAAT JINTAN HITAM


KHASIAT BIJI JINTAN HITAM




        Biji jintan hitam adalah biji-bijian yang bewarna hitam. Bentuknya seperti wijen. Jintan hitam mengandung fosfat, zat besi, fosfor, karbohidrat, dan minyak yang mengandung banyak khasiat. Kadar minyak tersebut kira-kira 28%. Jintan hitam juga mengandung antibiotik yang berguna untuk membasmi virus, kuman, dan bakteri. Terdapat pula karotena yang bisa berfungsi sebagai anti kanker, zat pendorong produksi air seni dan empedu, serta enzim-enzim pencerna dan anti keasamam.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan jintan hitam :
  1. Rambut Rontok
    Caranya : aduk tepung, yang terbuat dari jintan hitam, dalam perasan air seledri, satu sendok cuka kadar rendah dan secangkir minyak zaitun. Gosokkan ke kepala setiap sore, kemudin cuci kepala dengan air hangat dan sabun. Lakukan ini setiap sore.
  2. Sakit Kepala
     Ambil tepung jintan hitam, cengkeh yang dihaluskan separuh, separuh adas manis, lalu diaduk bersama-sama. Ambil satu sendok dari larutan itu dan campurkan kedalam yoghurt. Selain itu, urut tempat nyeri dengan minyak jintan hitam.

  1. Sakit Gigi, Amandel, dan Pangkal Tenggorokan
    Jintan hitam direbus. Lalu, gunakan air rebusannya untuk berkumur (usahakan air sampai menyentuh pangkal tenggorokan). Ini sangat bermanfaat untuk mengobati segala jenis penyakit mulut dan pangkal tenggorokan. Selain itu, minumlah satu sendok bubuk jintan hitam yang dicampu dengan air hangat.
  2. Gondok
    Ambil bubuk jintan hitam, aduk dengan madu dan beberapa tetes royal jelly, minumlah setiap hari selama satu bulan. Insya Allah anda akan lihat gondok mengempis secara wajar.
  3. Segala Jenis Penyakit Kulit
    Ambil minyak yang terbuat dari jintan hitam, minyak mawar dan tepung gandum. Kedua minyak tersebut ukurannya sama, tapi untuk gandum dua kali lipat. Kemudian campur hingga rata sampai menjadi adonan.
    Sebelum diobati, bersihkan dulu bagian yang sakit dengan kapas yang dibasahi alkohol kadar rendah, jemurlah dibawah sinar matahari, kemudian olesi dengan adonan itu setiap hari. Hindari hal-hal yang menyebabkan alergi seperti ikan, telur, mangga, dan sejenisnya.

  1. Luka Memar
    Rebus hingga matang jintan hitam. Urutkan pada daerah yang terkena rematik kuat-kuat seakan anda mengurut tulang. Minum pula minyak jintan hitam yang telah dipanaskan itu sambil dicampur sedikit dengan madu, sebelum tidur. Lakukan hal ini terus menerus.
  2. Diare
    Ambil perasan air seledri, air yang dicampur dengan satu sendok besar air biji jintan hitam yang telah ditumbuk. Minum tiga kali sehari sampai mampet (diare berhenti). Pada hari kedua hentikan mengkonsumsinya sampai benar-benar tidak terjadi kesulitan buang air.



Sumber :
Buku HIDAYAH desember 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar