KECERDASAN
VISUAL-SPASIAL
Kecerdasan ini ditandai dengan
kepekaan mempersepsikan dunia visual-spasial secara akurat dan
mentransformasikan persepsi awal. Seseorang yang memiliki kecerdasan
ini cenderung menyukai arsitektur, bangunan, dekorasi, apresiasi
seni, desain ,atau denah. Mereka juga menyukai dan efektif dalam
membuat dan membaca chart, peta, koordinasi warna, membuat bentuk
patung dan desain tiga dimensi lainnya, menciptakan dan
menginterprestasikan grafik, desain interior, serta dapat
membayangkan secara detail benda-benda. Pandai dalam navigasi, dan
menentukan arah. Mereka suka melukis, membuat sketsa, bermain game
ruang, berfikir dalam image atau bentuk. Serta memindahkan bentuk
dalam angan-angan.
Informasi mengenai kecerdasan
Visual-Spasial pada anak dapat diperoleh melalui observasi terhadap
:
- kemampuan menangkap warna-warna saat mewarnai
- kesenangan mereka mencoret-coret, menggambar, berkhayal, membuat desain sederhana
- Kemampuananak dalam memahami arah dan bentuk
- kemampuan anak menciptakan suatu bentuk
Cara belajar terbaik untuk anak yang
cerdas Visual-Spasial adalah melalui warna, coretan, arah, bentuk,
dan ruang.
SUMBER :
Disarikan dari PENGEMBANGAN KECERDASAN
MAJEMUK (TADKIRO'ATUN MUSFIROH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar