Jumat, 21 Desember 2012

INFO MENARIK

CACING TANAH MENYUBURKAN TANAH



Oleh : Ani Purwati


Cacing tanah (Lumbricus rubellus) dapat menyuburkan dan menjaga kesuburan tanah. Cacing tanah awalnya akan memakan bahan organik diatas permukaan tanah. Kemudian, makhluk kecil ini turun ke bagian dalam tanah. Ini artinya, cacing tanah memindahkan bahan organik dari lapisan atas menuju lapisan bawah tanah. Ketika cacing berpindah ke bagian bawah, dia juga membuat pori-pori yang dapat memperbaiki aerasi tanah.

Cacing tanah juga mengeluarkan kotoran. Kotoran cacing tanah yan telah melewati pencernaannya itu, mengandung hormon-hormon tertentu yang tidak dimiliki kompos biasa dan bagus untuk pertumbuhan tanaman. Dengan cara ini, cacing tanah mampu memodifikasi lingkungan dan menyediakan unsur hara bagi organisme lain. Dengan demikian, cacing tanah dapat disebut sebagai perekayasa ekosistem.

Selain itu, cacing tanah juga termasuk organisme yang berperan dalam pertanian berkelanjutan yang berprinsip mengurangi pupuk kimia yang mencemari lingkungan dan polusi air tanah. Cacing tanah juga di kenal sebagai dekomposer. Binatang hermaprodit (berjenis kelamin ganda) itu berperan dalam proses dekomposisidalam menghancurkan bahan-bahan organik, sampah, dan serasah pada lahan tempat hidupnya. Binatang kecil melata itu dapat disebut sebagai 'Pak Tani' atau 'petani' karena dengan gerakannya dapat genggemburkan tanah yang keras. Gerakan cacing pada tanah yang keras dapat membentuk pori-pori tanah. Jika tanah sangat keras dapat dimakannya, kemudian dikeluarkan kascingnya.

Cacing mempunyai kekuatan yang luar biasa. Kekuatanya dapat mencapai 40 kali berat badannya. Jika cacing tanah beratnya 50kg, maka ia dapat menggerakkan 2.000kg. Memang, cacing tanah mempunyai hormon tertentu yang dapat membuat badannya kuat.



              dikutip dengan perubahan seperlunya
              ( Buku BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
                UNTUK SMP/MTS KELAS VII
                PENERBIT : PT CITRA AJI PARAMA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar