Kamis, 20 Desember 2012

CERITA Jalinan Yang Tersambung Kembali

JALINAN YANG TERSAMBUNG KEMBALI


      Di sebuah desa, di negeri Cina tinggal seorang janda yang mengandung tua. Suaminya baru saja meninggal. Beberapa hari kemudian ia melahirkan dengan ditolong seorang dokter. Dia melahirkan bayi kembar. Yang pertama diberi nama Myerin dan yang kedua Siosin.

      Sebagai tanda terima kasihnya kepada dokter ia serahkan salah satu anaknya. Myerin dirawat dan dibesarkan oleh dokter secara layak. Sebaliknya, Siosin hidup secara sederhana dengan ibunya di kampung. Myerin menganggap bahwa suami istri dokter itu adalah orang tua kandungnya sebab sampai usia 21 tahun ia belum diberitahu orang tua yang sesungguhnya.

      Myerin bekerja di perusahaan ayahnya. Sebelum ayahnya meninggal ia di jodohkan dengan Pieter, direktur muda di perusahaan itu. Namun, Pieter yang masih saudara dengan pemilik perusahaan tersebut sakit hati ketika mendapat kenyataan bahwa Myerin memperoleh warisan lebih banyak dari pada dirinya.

      Maka, suatu hari dipasanglah perangkap untuk menyelakakan Myerin. Mobil yang di tungpangi Myerin jatuh di jurang. Tubuh Myerin terlempar. Untung saja, Myerin ditolong oleh seorang dokter bedah plastik dan dioperasi wajahnya. Setelah sadar Myerin ketakutan lalu meninggalkan tempat itu.

      Tanpa sengaja, di sebuah kampung terpencil ia bertemu dengan seorang gadis yang wajahnya mirip dengannya. Gadis itu adalah Siosin. Oleh ibu Siosin, Myerin ditanya tentang asal-usulnya. Maka, terbukalah asal usul dua saudara kembar tersebut.

      Atas kecerdasanya, Siosin pergi ke kota memakai pakaian Myerin. Di sana ia berhasil membuka kedok Pieter. Pieter dijebloskan ke penjara berkat kecerdikan Siosin dan bantuan dokter ahli bedah.



Sumber : Kompas, Minggu, 11 September 2005 denan perubahan seperlunya
                ( Buku BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
                  UNTUK SMP/MTS KELAS VII
                  PENERBIT : PT CITRA AJI PARAMA )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar